10 November 2010

Alat Penerjemah Rusak, SBY Kesal

Mungkin banyak yang tidak tahu bahwa sebenarnya tidak hanya Presiden Amerika Serikat Barack Obama saja yang datang ke Indonesia. Presiden Austria Heinz Fischer juga tiba di Indonesia kemarin (9/11/2010) siang. Namun penyambutan terhadap Presiden Austria ini tidak semeriah penyambutan Obama. Bahkan terjadi insiden yang sangat disayangkan yaitu rusak dan kurangnya alat penerjemah bagi rombongan tamu dari Austria dalam sesi keterangan pers walaupun telah disediakan oleh tim teknis Rumah Tangga Kepresidenan.

Seperti biasa, pertemuan antar delegasi dua negara ditutup dengan keterangan pers bersama oleh kepala pemerintahan. Menyadari bahwa para tamu dari Austria berbahasa Jerman, Presiden SBY meminta agar ada alat penerjemah untuk dirinya dan Presiden Heinz Fischer.

Tidak lama kemudian Presiden Fischer menerima satu set alat penejermah, dan Presiden SBY pun mulai memberi sambutan. Tetapi sesaat kemudian,diketahui bahwa alat yang diterima Presiden Fischer tidak berfungsi dengan baik. Presiden SBY kesal dan meminta maaf kepada Presiden Fischer. Akhirnya petugas penerjemah yang siap di bilik penerjemah ambil posisi yang sebelumnya ditempati MC. Dia menerjemahkan dalam bahasa Inggris yang dapat didengar oleh semua hadirin termasuk yang tidak kebagian alat penerjemah.

0 comment:

Posting Komentar