21 Maret 2010

Penyebab & Solusi Kelelahan

Kita sering mengalami kelelahan. Kelelahan merupakan saat dimana kita kekurangan energi atau kurang istirahat. Lelah juga dapat berarti saat dimana hasil yang didapat tidak sesuai dengan yang diharapkan setelah usaha yang dilakukan. Gejala yang biasa dirasakan adalah pusing, lesu, seluruh badan terasa sakit dan bahkan ada yang mengalami sesak nafas. Berikut ini adalah beberapa penyebab kelelahan beserta solusi untuk mengatasinya.

1) Kurang tidur

Kurang tidur merupakan alasan utama terjadinya kelelahan. Untuk itu dianjurkan tidur selama 7-8 jam per hari.

2) Sleep Apnea

Sleep Apnea adalah keadaan dimana nafas terhenti sesaat ketika tidur sehingga menyebabkan kita terbangun berulang kali saat tidur. Solusi : kurangi berat badan bila kelebihan, kurangi/berhenti merokok, tidur dengan alat bantu pernapasan yang membantu rongga pernapasan tetap terbuka saat tertidur.

3) Anemia

Anemia timbul karena tubuh tidak memiliki sel Hemoglobin yang cukup untuk membawa oksigen ke sel dan seluruh jaringan tubuh. Biasanya diderita oleh kaum wanita. Solusi : mengkonsumsi vitamin dan makanan yang mengandung zat besi seperti kacang-kacangan, sereal, daging sapi, hati sapi/ayam, kerang.

4) Depresi

Depresi menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang biasanya ditandai dengan rasa lelah berlebih, sakit kepala atau hilangnya nafsu makan. Solusi : terapi oleh tenaga profesional dan medikasi.

5) Kurang energi

Memulai hari dengan makanan kadar gula berlebihan akan menyebabkan gula darah naik dan menyebabkan rasa lelah berlebihan. Solusi : makan tepat waktu dan saat sarapan sebaiknya makan makanan yang kaya protein serta karbohidrat kompleks.

6) Diabetes

Pada penderita penyakit diabetes biasanya orang mengalami kekurangan energi karena gula menetap dalam aliran darah. Hal itu dikarenakan gula tidak diserap oleh tubuh. Solusi : Pengobatan terhadap diabetes terdiri dari perubahan gaya hidup, terapi insulin dan obat-obatan.

7) Penyakit Jantung

Bila kita sering merasa lelah saat mengerjakan aktivitas sehari-hari, seperti membersihkan rumah, mungkin dikarenakan jantung yang tidak sehat. Solusi : Mengkonsumsi obat, merubah pola hidup, atau terapi.

8) Kelebihan Kafein

Kadar kafein yang berlebihan dapat menyebabkan rasa lelah pada sebagian orang. Untuk itu kurangi kafein yang terkandung di kopi, teh, cokelat, minuman ringan, serta obat-obatan.

9) Gejala UTI (Urinary Tract Infection)

UTI atau yang lebih dikenal dengan infeksi saluran pipis tidak selalu disertai gejala rasa nyeri dan mendadak ingin buang air kecil namun bisa juga disertai rasa lelah. Solusi : Banyak minum air putih serta minum antibiotik untuk menyembuhkan UTI dan dalam waktu kurang lebih seminggu biasanya rasa lelah akan hilang.

10) Hypothyroidism

Thyroid menjaga kestabilan metabolisme tubuh. Saat thyroid bermasalah, metabolisme tubuh akan melambat dan dapat menyebabkan badan merasa lelah, lesu dan meningkatnya berat badan. Solusi: Injeksi hormon sintetis dapat membantu meningkatkan metabolisme.

11) Chronic Fatigue Syndrome (CFS)

Jika menderita kelelahan yang berkepanjangan selama lebih dari 6 bulan mungkin dikarenakan anda menderita CFS. CFS merupakan gejala yang meliputi kelelahan yang hebat, kelemahan, deman, sakit kerongkongan dan simpul-simpul getah bening, kebingungan, depresi, dan berkurangnya kemampuan untuk memusatkan pikiran. Solusi : Olahraga ringan, merubah pola hidup dan pola tidur.

0 comment:

Posting Komentar