22 Desember 2009

Angel Falls Berganti Nama

Air terjun tertinggi di dunia yang berada di Venezuela bagian Selatan yaitu Angel Falls kini akan berganti nama. Pada hari Minggu (20 Desember 2009) Presiden Venezuela, Hugo Chavez mengatakan keinginannya untuk mengganti nama air terjun tersebut.

Nama Angel Falls diambil dari nama seorang pilot Amerika Serikat yaitu Jimmy Angel yang pertama kali meliat air terjun ini pada tahun 1937. Air terjun yang menjadi tujuan wisata utama para turis di Venezuela ini merupakan air terjun tertinggi di dunia dengan ketinggian mencapai 3.212 kaki (979 meter) dengan ukuran kejatuhan air tanpa hambatan 2.648 (807 meter). Air terjun itu turun dari pegunungan Auyan Tepui di area Taman Nasional Cainama di selatan Venezuela.

Menurut Chavez nama Karepakupai-Meru lebih sesuai. Karepakupai-Meru berarti "air terjun dari tempat yang terdalam”. Nama ini merupakan nama yang diberikan oleh suku Indian jauh sebelum pilot Jimmie Angel menemukannya.

"Bagaimana bisa masyarakat Venezuela menerima bahwa air terjun tertinggi di dunia di negara ini ditemukan seorang pilot AS?" tanya Chavez. "Kita harus mengganti nama tersebut bukan?" tanyanya.

Chavez memang hobi mengganti nama. Selama hampir sebelas tahun menjabat, Chavez telah mengubah nama sejumlah tempat dan institusi di Venezuela. Dia bahkan sukses mengubah nama resmi negara menjadi Republik Bolivar Venezuela, untuk memberi penghormatan kepada pejuang kemerdekaan Simon Bolivar.

0 comment:

Posting Komentar