28 Desember 2009

Cara Lain Mengatasi Sakit Menstruasi

Pil kontrasepsi tidak hanya digunakan untuk mencegah kehamilan, namun juga bisa digunakan untuk mengatasi sakit saat menstruasi atau pendarahan berlebih. Kombinasi hormon estrogen dan progesteron yang terdapat dalam pil kontrasepsi dapat mencegah kista, kanker rahim dan usus besar.

Selain itu pil ini juga dapat mencegah migrain saat menstruasi, mengatasi sakit panggul karena ada endometriosis dan pendarahan akibat gangguan rahim. Hal tersebut telah dibuktikan oleh uji coba Dr Robert L Red dan rekannya. Ia mengadakan uji coba membandingkan pil kontrasepsi dengan pil non kontrasepsi untuk melihat perbedaan efek dalam mengatasi kondisi selama menstruasi.

Terbukti bahwa pil kontrasepsi bisa mengatasi masalah-masalah seperti periode datang bulan yang tidak rutin, mengurangi rasa sakit pra atau pada saat menstruasi, dan menghindari datang bulan pada waktu-waktu yang tidak diinginkan seperti pada saat perjalanan jauh, liburan atau bulan madu.

Meski tidak tertulis manfaat kesehatan pada label pil kontrasepsi, namun peneliti meyakinkan hal itu memang ada. Untuk lebih aman sebaiknya konsultasikan kepada dokter ginekolog jika ingin mencoba pil kontrasepsi untuk mengatasi masalah menstruasi.

1 comment:

thanks infonya
 

Posting Komentar