23 Desember 2009

Penanganan Luka Bakar yang Benar

Apa yang dilakukan jika terkena luka bakar seperti tersiram air panas? Selama ini biasanya kita langsung mengobatinya dengan odo, minyak atau pun margarine. Namun ternyata itu merupakan cara yang salah.

Saat tubuh terkena luka bakar, maka dengan sendirinya tubuh akan mengeluarkan cairan untuk mengobatinya. Jika diolesi dengan odol atau margarine maka bisa menutupi kulit dan menghambat cairan yang akan keluar dari dalam tubuh dan juga bisa menghambat petugas medis untuk mengobati.

Saat terjadi luka bakar maka jaringan kulit akan rusak, pengobatan yang paling baik adalah cukup dialirkan dengan air. Bila luka bakar yang dihasilkan kecil misalnya hanya terciprat minyak goreng, maka setelah luka dibersihkan bisa diolesi dengan salep bakar disekitar kulit yang terbakar. Tapi jika lukanya besar misal tersiram air panas maka setelah dibersihkan harus dibawa kerumah sakit.

Dengan tulisan ini diharapkan memperbaiki kesalahan kita selama ini. Jadi bila terjadi luka bakar jangan menggunakan odol atau margarin tetapi cukup bersihkan dengan air mengalir saja.

0 comment:

Posting Komentar