21 Desember 2009

Cegah Kanker Serviks Sejak Dini

Kanker merupakan penyakit yang sangat disegani. Karena apapun jenisnya, kanker sangat membahayakan bagi manusia terutama bagi wanita. Banyak penyakit kanker yang menyerang wanita salah satunya adalah kanker serviks (leher rahim).

Serviks merupakan bagian bawah rahim yang berhubungan langsung dengan vagina. Vagina, salah satu organ reproduksi, letak leher rahim memang paling terekspos dengan dunia luar. Berbagai faktor dianggap sebagai faktor yang menyertai terjadinya kanker serviks, antara lain merokok, kontrasepsi hormonal, penyakit hubungan seksual dan faktor nutrisi

Setiap 2 menit, ada 1 wanita meninggal karena kanker serviks di seluruh dunia dan 80% terjadi di negara berkembang. Selain itu 500 ribu wanita didiagnosa mengalami kanker serviks setiap tahun. Kini menurut medis uman papilloma virus (HPV) merupakan vaksinasi yang dapat mengatasi kanker termasuk virus penyebab kanker serviks.

Dengan vaksinasi ini virus HPV tidak akan bisa masuk dan tumbuh dan membesar di dalam tubuh. Imunisasi ini dapat diberikan pada perempuan mulai usia 12-14 tahun. Dengan cara memberi suntikan sebanyak 3 kali berturut-turut di bagian lengan setiap 2 bulan sekali dan selanjutnya dilakukan pengulangan 1 kali lagi 10 tahun kemudian.

Spesialis Kebidanan dan Kandungan Siloam Hospital Surabaya, dr Santoso Kusumowidagdo SpOG mengimbau para perempuan aktif melakukan pap smear. Pasalnya perempuan yang tidak melakukan pemeriksaan memiliki risiko 5 kali lebih besar dibandingkan yang teratur ke dokter. Dan terbukti dengan pap smear berhasil menurunkan tingkat kematian hingga 50%.

0 comment:

Posting Komentar