25 Desember 2009

Khasiat Akupuntur Untuk Gatal Alergi

Akupuntur merupakan salah satu teknik pengobatan yang telah digunakan sejak ribuan tahun lalu untuk mengobati berbagai penyakit. Seperti menghilangkan sakit kepala, pegal, sbg pelangsing serta membuat tubuh menjadi lebih baik.

Kini akupuntur dapt mengurangi rasa gatal alergi. Para peneliti dari Jerman melakukan penelitian terhadap 30 orang yang mengalami alergi kronis untuk melihat efek akupuntur pada kondisi peradangan kulit dan gatal-gatal.

Dalam penelitian ini membuktikan bahwa terapi akupuntur yang dilakukan beberapa menit pada kulit pasien yang alergi dapat mengurangi rasa gatal dalam jangka pendek. Jika pasien tersebut mengalami elergi lagi, cenderung memiliki reaksi kulit yang lebih ringan.

Namun temuan ini masih bersifat subyektif dalam hal mengurangi gatal pada penderita alergi kronis, karena 30 partisipan mendapatkan kondisi pengujian yang berbeda.

Dengan menggunakan titik-titik akupuntur tertentu di kulit, akan merangsang energi yang sehat untuk masuk ke jaringan internal tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa akupuntur dapat membantu meringankan rasa sakit dengan mengubah sinyal-sinyal di antara sel saraf atau mempengaruhi dikeluarkannya berbagai zat kimia dari sistem saraf pusat.

Rasa sakit dan gatal memiliki kemiripan dalam mekanisme prosesnya, sehingga dampak akupuntur juga bisa dirasakan untuk mengurangi rasa gatal pada pasien yang alergi atau memiliki eksim.

1 comment:

memang akupungtur bisa obati segala penyakit
 

Posting Komentar