25 Desember 2009

Tips Menjaga Kesehatan Kulit

Banyaknya radikal bebas dan faktor-faktor lain yang dapat merusak kulit, maka diperlukan komitmen dan perhatian lebih agar kulit kita senantiasa cantik dan sehat. Berikut ini adalah tips-tips yang dapat dilakukan untuk menjaga kecantikan kulit :

1. Perhatikan air yang digunakan

Kualitas air yang kita miliki tidak sama. Ada yang bagus, bebas masalah, bebas bau, bebas kotoran. Namun, ada sebagian dari kita yang mengambil air tanah langsung, sehingga diragukan kebersihannya. Kualitas air bisa mempengaruhi kesehatan kulit. Oleh karena itu perhatikanlah air yang digunakan untuk wajah.

2. Minum teh hijau

Kandungan epigallocatechin gallate (EGCG) pada wajah memiliki kemampuan untuk untuk meredakan radang yang menenangkan kulit. Kandungan tersebut juga dapat mencegah perusakan kolagen yang bisa mengarah ke pembentukan kerutan seperti kulit yang rusak akibat sinar matahari.

3. Mengelola stres

Stres meningkatkan produksi hormon kortisol pada tubuh yang juga bertanggung jawab atas kulit berminyak, dan mengurangi kemampuan kulit untuk melawan bakteri penyebab jerawat. Alhasil, ketika stres, beberapa orang cenderung untuk berjerawat. Latihlah kemampuan diri untuk mengelola stres, misalnya dengan latihan yoga, pernapasan, atau meditasi. Hal ini akan membantu masalah kulit seperti jerawat, psoriasis, rosacea, dan seborrhea.

4. Udara yang berkualitas

Asap rokok bisa menyebabkan radikal bebas yang merusak kulit dan mempercepat penuaan kulit. Ada baiknya untuk menghindari udara yang memiliki polusi tersebut. Selain itu, polutan lain pun bisa mempengaruhi kualitas kesehatan kulit Anda. Anda bisa mengganti penyaring udara, membersihkan kipas angin atau AC, dan menggunakan kipas pengisap udara saat memasak.

5. Pemilihan pasta gigi yang tepat

Pasta gigi yang memiliki kandungan perasa tambahan seperti kayu manis bisa membuat kulit mengalami kondisi perioral dermatitis. Kondisi ini menyebabkan kondisi serupa dengan jerawat, kemerahan, dan pecah-pecah di sekitar mulut.

6. Waspada dengan sinar matahari di dalam ruangan

Sinar ultraviolet bisa memasuki jendela di rumah dan menyebabkan kerusakan pada kulit Anda. Tak hanya itu, sinar matahari yang melalui jendela mobil pun bisa menimbulkan kanker kulit pada bagian yang paling sering terekspos matahari.

7. Awasi asupan susu (jika Anda memiliki jerawat)

Riset dari Harvard School of Public Health mengatakan, remaja putri yang mengonsumsi susu, hampir 30 persennya memiliki jerawat ketimbang mereka yang tidak mengonsumsi susu. Para ahli mensinyalir hal yang sama juga akan berlaku bagi mereka yang sudah dewasa.

8. Perhatikan pembersih wajah

Jika Anda memiliki kulit kering, pembersih wajah yang bisa Anda pilih lebih penting ketimbang pelembap yang Anda gunakan. Pembersih wajah non-sabun lebih ideal karena bisa menggantikan lapisan pelembap pada wajah. Jika Anda menggunakan obat jerawat, tunggulah 10 menit setelah Anda membersihkan wajah baru dioleskan untuk meminimalisasi iritasi.

9. Pilih produk rambut berbahan dasar air

Beberapa kondisioner, pomade, pembuat volume, dan styling cream mengandung minyak atau lilin yang bisa menghambat pori-pori, menyebabkan jerawat, khususnya di bagian dahi, punggung, dan di bagian tumbuh rambut sekitar wajah.

10. Obat-obatan

Beberapa obat kontraseptif, antibiotik, obat kesuburan, dan obat anti kejang bisa membuat wajah berjerawat. Antihistamin, diuretik, dan beberapa antidepresan bisa menyebabkan kulit kering. Sedangkan beberapa antibiotik, diuretik, dan perawatan diabetes bisa menyebabkan seseorang rentan akan kerusakan akibat matahari.

11. Tidur lelap

Saat Anda terlelap, kulit memperbaiki dirinya. Sementara ketika Anda kekurangan tidur, tubuh pun akan mengalami stres, menyebabkan tubuh mengeluarkan adrenalin dan kortisol, yang memicu jerawat dan masalah kulit lainnya. Upayakan untuk bisa beristirahat selama 7-8 jam per hari agar kulit Anda tetap sehat.

Sumber : Real Simple & Kompas

1 comment:

yang paling gampang itu yang nomor sebelas (11). Kayaknya sih.

kunjungi blog saya juga yah.
Tips Kesehatan dan keciantikan
Tempat wisata di jawa barat
 

Posting Komentar